Masjid Bingkudu Canduang, Agam.

 

Masjid Raya Bingkudu terletak di Jorong Bingkudu, Kec. Candung, Kabupaten Agam. Masjid ini dibangun pada abad ke-18 tepatnya tahun 1813 yang diprakarsai oleh tokoh-tokoh tujuh nagari. Ketujuh nagari itu adalah Canduang, Koto Lawas, Lasi Mudo, Pasanehan, Bukit Batabuah, Lasi Tuo.

Mancapai masjid ini hanya sekitar 15-20 menit saja dengan jarak +/- 13 KM dari Jam Gadang, Bukittinggi. Menurut sejarahnya, disaat pembangunan Masjid ini, masyarakat membangun secara bersama-sama atau dengan istilah gotong royong. Hampir semua material yang pergunakan untuk membuat masjid ini terdiri dari kayu, baik lantai, dinding, maupun tiang-tiangnya.

Tiang Macu (tiang besar di tengah ruangan) Masjid ini di ambil dari Batu Sangkar, yaitu dari Pagaruyung. Tiang dibawa dengan cara di gotong secara estafet oleh masyarakat. Atap masjid ini dari awal berundak tiga, terbuat dari susunan ijuk. Bangunan ini saat didirikan memakai sistem pasak. Artinya, tidak satupun dari komponen penyusun masjid ini yang dilekatkan satu sama lain dengan menggunakan paku. Lampu-lampu minyak yang yang terpajang pada setiap sudut masjid rata-rata juga sudah menjadi barang antik, karena telah berumur ratusan tahun.

Disini terdapat tiga kolam ikan, serta satu kolam besar untuk berwudhuk membuat kesan masjid yang cukup jauh dari pemukiman penduduk itu semakin alami. Masjid ini pernah di revitalisasi, dengan mengganti atapnya dengan seng. Tapi setelah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemkab, bangunan ini dikembalikan kepada konsep aslinya. Dan dilakukan renovasi secara rutin oleh masyarakat.

Di halaman masjid terdapat makam Syech Ahmad Thaher, pendiri sekolah pendidikan Islam yaitu Madrasah Ulumi Syariah. Di lingkungan Masjid juga terdapat Surau Bulek yang digunakan sebagai tempat Akad Nikah.

Foto oleh: @imamasydiq

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑